click

Jumat, 03 Mei 2013

Tips Membersihkan Rumah


Purwakarta
Membersihkan Rumah
Kebersihan rumah serta lingkungannya tentu penting untuk dijaga. Mulai dari area luar pagar, seperti saluran air (parit) dan jalan, lalu sekitar teras depan, ruang dalam rumah, hingga area teras belakang, semua mutlak harus bersih.



Apalagi saat musim hujan, bisa-bisa banyak sarang nyamuk di sekitar rumah. Ajak serta balita saat membersihkan rumah, agar tertanam kesadaran kebersihan dalam diri mereka. Tentu saja, sesuaikan dengan pemahaman dan kemampuan mereka.
Untuk rumah dekat tepi jalan ramai, bersihkan debu rumah setiap pagi dan sore.
Bersihkan semua kasa nyamuk secara rutin, minimal seminggu sekali. Bila ada karpet, jangan lupa menyedot debunya setiap hari.
Untuk mencegah nyamuk :
- Kuras teratur minimal 2 minggu sekali semua benda yang mengandung air menggenang, seperti bak mandi, kolam, akuarium, tanaman air, dll
- Di halaman rumah, terutama dekat kolam atau tanaman air, tanami serai atau tanaman lain yang ampuh mencegah nyamuk.
Bersihkan rumah dari barang rongsokan, termasuk koran dan majalah lama, agar terhindar dari sarang debu, nyamuk dan tikus.
Ajak balita mendur ulang dengan menyulap wadah bekas menjadi berguna. Kardus, kaleng, botol, bisa digunakan untuk wadah mainan, buku gambar, serta krayon balita. Majalah lama bisa disumbangkan ke taman bacaan.
Ajari balita memisahkan sampah organic dan anorganik. Siapkan wadahnya serta kantung plastik besar untuk alas tempat sampah, sehingga mudah membuangnya dan bau sampah tidak menguap.
Sedot septic tank dan kuras serta bersihkan tangki air secara berkala.
Saat merenovasi rumah, Anda sekeluarga sebaiknya “mengungsi” sementara. Serbuk debu dari dinding, apalgi kalau ada serbuk asbes, sangat tidak baik bagi kesehatan.

Sumber: http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Keluarga/tips/ayo.bersihbersih.rumah/001/005/447/1

by RajaLaundryEnhancher
Posting Komentar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...